Investasi Sedini Mungkin Di Usia Produktif

Investasi adalah suatu hal yang menarik sekaligus menantang. Masyarakat umumnya berpikir bahwa investasi adalah hal yang rumit dan cenderung menunda dalam berinvestasi. Padahal Investasi sebaiknya dilakukan pada usia-usia produktif. Ditambah dengan fakta bahwa dewasa ini produk-produk investasi yang tersedia sudah sangat beragam.

Bukan hanya orang mapan secara finansial yang dapat berinvestasi, anak muda pun dapat berinvestasi untuk keperluan masa depan seperti tempat tinggal, pendidikan, pernikahan dan hal-hal penting lainnya. Jangan malah menghabiskan penghasilan pada hal-hal yang bersifat konsumtif.

Namun kita pun harus pintar-pintar dalam memilih instrumen investasi, jangan menyepelekan hal-hal sederhana seperti kemampuan finansial, kebutuhan jangka pendek dan panjang, hingga profil risiko dan tujuan investasi kita, semua harus dipikirkan secara matang sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Belum lagi dengan maraknya investasi bodong belakangan ini, jangan hanya tergiur dengan iming-iming imbal hasil yang besar namun kurang atau bahkan tidak realistis.

Investasi yang tepat, niscaya akan membantu kita dalam menggapai cita-cita. Berikut ini terdapat beberapa pilihan dalam berinvestasi:

1. Emas Batangan

Instrumen investasi yang pertama ini cukup menguntungkan dan aman terhadap pergolakan pasar. Untuk mengawalinya pun tidak diperlukan modal yang terlalu besar karena emas batangan ini tersedia mulai dari pecahan kecil (10 gram) hingga yang besar (1 Kg). Kamu dapat menyimpan emasnya pada bank emas, dan mengambil keuntungannya.

2. Deposito Bank

Investasi ini juga merupakan salah satu investasi yang tergolong mudah, umum dan aman. Jangka waktu penempatan deposito pun sifatnya fleksibel,  dapat kita atur sesuai kondisi finansial kita, dimulai dari 3 bulan sampai dengan 1 tahun. Namun, biasanya minimal jumlah yang diperlukan untuk penempatan deposito cukup besar.

3. Tabungan Bank

Ini merupakan hal paling umum yang dilakukan sebagian besar orang, malah mayoritas mungkin tidak menganggap hal ini sebagai suatu investasi karena imbal hasil yang rendah. Walaupun demikian, tabungan di bank dapat kita ambil sewaktu-waktu pada saat dibutuhkan.

4. Reksa Dana

Reksa dana merupakan penghimpunan dana secara kolektif yang kemudian dikelola oleh manajer investasi. Investasi ini cocok bagi pemula dana yang dihimpun akan dikelola oleh manajer investasi yang telah berpengalaman dan profesional. Investor akan dikenakan biaya pengelolaan dana secara berkala (umumnya per tahun) sebesar persentase yang ditentukan oleh manajer investasi dan disetujui oleh investor dari total dana yang diinvestasikan.

5. Saham

Selanjutnya adalah penyertaan saham (kepemilikan) di perusahaan publik. Sebelum berinvetasi saham, sebaiknya kita mencari tahu latar belakang dan kinerja dari perusahaan tersebut. Latar belakang perusahaan yang jelas, didukung dengan kinerja yang baik serta manajemen yang bonafid, dapat mendukung peluang kenaikan pada nilai investasi anda.

6. Properti

Properti adalah investasi yang cukup menggiurkan. Harga properti cenderung terus meningkat, dan peningkatannya pun dapat dikatakan sangat pesat karena didukung dengan permintaan yang tak pernah surut.

7. Pendidikan

Yang satu ini mungkin terdengar sedikit klise, namun dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan salah satu investasi terbaik yang sifatnya jangka Panjang. Dengan menempuh pendidikan setinggi mungkin, kita telah berinvestasi pada diri kita sendiri. Biaya pendidikan memang tidak murah, namun yang pasti hasilnya tidak akan mengecewakan.

Sebenarnya masih banyak pilihan investasi lain diluar dari yang telah disebutkan di atas. Pilihan kembali lagi kepada anda sebagai calon investor. Pilihlah investasi yang anda pahami, sesuai dengan profil risiko anda, kondisi finansial anda dan dapat membantu anda dalam meraih cita-cita finansial anda. Apapun bentuk investasi yang akhirnya anda pilih, waktu yang paling tepat untuk berinvestasi adalah sedini mungkin. So, happy investing.


Achmad Bermawi

Bertanggung jawab memimpin dan mengembangkan Indosurya Asset Management secara keseluruhan.

Comments

Us

Don’t Miss To Follow Us On Our Social Networks Official Accounts.