Hal Yang Harus Di Pelajari Sebelum Berinvestasi

Sebelum Anda memulai berinvestasi maka sebaiknya Anda pelajari beberapa hal strategi dan teknik berinvestasi, bila nantinya ada kesalahan ataupun kekeliruan, tidak membuat Anda merugi dalam berinvestasi. Tujuan utama dalam berinvestasi adalah mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Berikut ini kesalahan yang harus Anda hindari dan waspadai ketika sedang berinvestasi, diantaranya:

  1. Tidak berbuat apa-apa. ya, walaupun anda sudah berinvestasi pastinya tidak ada yang bisa menjamin bahwa pasar akan terus naik atau turun. namun, jika anda tidak berbuat suatu hal ataupun tindakan, Anda juga tidak akan mendapatkan masa pensiun yang sangat menyenangkan.
  2. Lambat dalam memulai. Lambat untuk memulai merupakan kesalahan dalam berinvestasi. karena semakin awal anda memulai, maka semakin baik masa depan Anda nantinya.
  3. Lunasi semua tagihan kartu kredit Anda sebelum berinvestasi. tidak akan ada artinya bila investasi yang Anda lakukan namun Anda masih mempunyai tagihan kartu kredit yang menumpuk dan belum lunas, karena bunga kartu kredit Anda semakin hari semakin bertambah mahal ataupun terus membengkak.
  4. Jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka pendek. maka pastikan terlebih dahulu Anda sudah menyisihkan dana yang tidak tercampur dengan keuangan lainnya sampai jangka waktu hingga 3-5 tahun ke depan.
  5. Seseorang investor muda, mayoritas melakukan investasi di pasar modal karena memiliki cukup banyak waktu yang sangat panjang. Maka para investor muda tersebut lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk menganalisa setiap perkembangan yang terjadi dipasar modal serta mengambil keuntungan untuk waktu jangka panjang. walaupun demikian sejalan dengan usia anda tapi membutuhkan obligasi yang bisa memberikan pendapatan yang tetap. hal ini dikarenakan saham harus mendapatkan porsi mayoritas.
  6. Terlalu berspekulasi. tidak semua jenis investasi cocok untuk Anda. Anda pasti akan mencoba mencari jenis investasi apa yang kira-kira sesuai dengan kriteria psikologis investasi Anda. meskipun Anda termasuk orang yang berani dalam berinvestasi, tetapi tidak seharusnya menempatkan semua dana Anda pada satu titik saham yang sangat spekulatif.
  7. Terlalu sering bertransaksi. Para investor yang suka melakukan trading sering terjebak dengan psikologis pasar sehingga berani menjual sahamnya ketika harga sedang turun dan beli ketika harga sedang melonjak tinggi. hal ini dapat merugikan diri anda dan bisa menambah biaya investasi, dan Anda juga bisa kehilangan keuntungan dalam jangka panjang.

Itulah beberapa kesalahan yang harus anda hindari dan waspadai ketika sedang berinvestasi.

Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi.


Rahmat Sugiono Halim, CFA, FRM

Bertanggung jawab mengkoordinasi dan memastikan strategi dan rencana investasi terlaksana. Sehari-hari mengawasi dan memantau pelaksanaan strategi investasi dan pengelolaan dana investasi.

Comments

Us

Don’t Miss To Follow Us On Our Social Networks Official Accounts.